Informasi Harga HP, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Serta Review HP Terbaru 2017 Lengkap | Nanaponsel.com

Tidak Ada Lagi Sinyal Timbul Tenggelam! Kini Smartfren Sudah Perluas Jaringan 4G!

Tidak Ada Lagi Sinyal Timbul Tenggelam! Kini Smartfren Sudah Perluas Jaringan 4G! - Anda sedang menikmati liburan yang seru di pantai eksotis di Pulau Sumbawa, atau sedang menikmati pemandangan spektakuler di atas bukit di Raja Ampat. Foto-foto oke sudah tersimpan rapi di ponsel dan Anda tinggal mengunggahnya ke media sosial. Tapi, ternyata tidak ada koneksi internet di sana! Mengecewakan, bukan?

Jangan khawatir, jika Anda pemakai provider Smartfren dan ingin berkeliling ke tempat-tempat asing di Indonesia. Silakan cek sisa pulsa anda, karena Smartfren kini sudah melebarkan jaringan 4G-nya ke 85 kota di Indonesia. Anda bisa mengakses internet tanpa hambatan dengan jaringan 4G tersebut. Mengunggah foto ke media sosial akan semudah membalikkan telapak tangan.

Tapi, apa sih sebenarnya jaringan 4G itu? Mari simak penjelasannya berikut.

Jaringan 4G

Tidak Ada Lagi Sinyal Timbul Tenggelam! Kini Smartfren Sudah Perluas Jaringan 4G!
Source - blog.dimensidata
Generasi mobile yang baru muncul setiap 10 tahun sejak sistem analog (1G) diperkenalkan pada tahun 1981. Lalu beralih ke transmisi digital (2G) di tahun 1992. Pada 2001, dukungan multimedia 3G dengan transmisi spektrum luas yang memiliki kecepatan 200 kbit/detik diluncurkan. Pada tahun 2011 ataun 2012, 4G yang sebenarnya, yang berupa semua Internet Protocol (IP) dengan kecepatan akses ultra-broadband (kecepatan gigabit) diperkenalkan.

4G adalah generasi keempat teknologi komunikasi mobile yang lebih berkembang dibandingkan 3G. Sistem 4G menyediakan penggunaan aplikasi yang lebih baik baik dalam segi akses web lewat mobile, IP telephony, servis game, TV mobile high-definition, video conference, dan televisi 3D. LTE (long term evolution) merupakan kandidat sistem 4G yang pertama dirilis dan pertama kali diluncurkan di Oslo, Norwegia, dan Stockholm, Swedia pada 2009.

Jaringan 4G diluncurkan di Indonesia oleh PT. FirstMedia dengan merek dagang Sitra WiMAX pada 2010. Pada tahun 2013, PT. Internux meluncurkan teknologi LTE (long term evolution) dengan merek dagang Bolt Super 4G LTE.

Jaringan 4G memberikan kenyamanan mengakses data karena memiliki koneksi lebih cepat dan bisa lebih diandalkan untuk digunakan pada ponsel pintar, tablet, dan laptop. Kecepatan mengakses data dari jaringan 4G hingga 100 Mbps, bahkan 5-10 kali lebih cepat dari jaringan 3G. Pengguna jaringan bisa melakukan streaming video tanpa harus lama menunggu buffering, Anda juga bisa lebih cepat mengunduh berbagai dokumen.

Kini, ada beberapa provider yang menyediakan jaringan 4G, selain Sitra WiMAX dan Bolt Super 4G LTE, adalah Telkomsel 4G LTE, XL HotRod 4G LTE, Indosat Super 4G-LTE, dan Smartfren 4G LTE. Nah, sekarang mari kita bahas lebih jauh mengenai provider Smartfren yang sejak November 2011 perusahannya berganti nama menjadi PT Smart Telecom Tbk ini.

Smartfren dan Jaringan 4G

Source - solopos
Dulu kita mengenal esia yang merupakan produk PT Bakrie Telecom Tbk dan Fren yang merupakan produk PT Mobile-8 Telecom Tbk. Kedua perusahaan ini dilebur menjadi Smartfren di bawah PT Smartfren Telecom Tbk. Smartfren menyediakan jasa telekomunikasi berbasis teknologi CDMA, dan kini 4G, menggunakan teknologi EV-DO (atau jaringan mobile broadband yang setara 3G) untuk CDMA dan 4G LTE Advanced untuk pengembangan lanjutan dari 4G.

Cek juga !

  1. Harga HP Xiaomi
  2. Harga HP LENOVO
  3. Harga HP Android 1 Jutaan
Smartfren memiliki banyak produk, mulai dari kartu Smart, kartu Fren, hingga HP Smartfren Andromax 4G LTE dan kartu Smartfren 4G LTE Advanced yang sudah menggunakan jaringan 4G. Sambungan telepon, sms, hingga koneksi internet dari produk-produk ini bisa dinikmati dengan pengisian pulsa Smartfren ke nomor Smartfren. Pengisian pulsa bisa dilakukan melalui gerai pulsa, melalui internet banking, hingga agen perjalanan seperti Traveloka.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi mengisi pulsa lewat internet banking, terlebih lewat gerai pulsa. Namun, bagaimana dengan pengisian pulsa Smartfren di Traveloka? Caranya, Anda hanya perlu mengakses situs tersebut pada menu Pulsa dan Paket Internet. Selanjutnya masukkan nomor Smartfren yang ingin diisi dan pilih produk baik Top-Up atau Data Package.

Adapun sejak dihentikannya layanan Esia, seluruh pelayanan data internet sebesar 5 MHz diserahkan kepada Smartfren di spektrum 850 MHz yang digunakan oleh Smartfren untuk menggelar jaringan 4G LTE. Dari spektrum inilah Smartfren memulai jaringan 4G LTE (B5 FDD LTE). Kini, Smartfren telah memiliki jaringan 4Gpula di frekuensi2.300 MHz (B40 TDD LTE).

Smartfren berkomitmen menjadi provider dengan jaringan 4G LTE terluas di Indonesia. Oleh karena itu, PT Smartfren Telecom telah menyiapkan dana yang begitu besar untuk pengembangan jaringan 4G di seluruh Indonesia tahun 2017 ini. Dana yang kini sudah terserap sejumlah US$400 juta dan layanan perseroan sudah hadir di 188 kabupaten/kota di Indonesia (per April 2016) dari pencapaian target 85 kabupaten/kota pada Desember 2015. Smartfren pun sudah memiliki lebih dari 1.717 BTS (base transciever station) yang didukung infrastruktur jaringan yang memadai.

Saat ini terdapat 10 juta pelanggan aktif Smartfren dan baru 1,4 juta konsumen yang memanfaatkan jaringan 4G LTE. Jadi, mengapa tidak berpindah ke jaringan 4G LTE Smartfren sekarang juga. Isi pulsa Smartfren dan nikmati berbagai fasilitas terbaik jaringan 4G-nya!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tidak Ada Lagi Sinyal Timbul Tenggelam! Kini Smartfren Sudah Perluas Jaringan 4G!