Ingin Ajukan KPR? Berikut Simulator Perhitungan Cicilannya

Ingin Ajukan KPR? Berikut Simulator Perhitungan Cicilannya

Simulasi Kalkulator KPR rumah di Rumah.com akan sangat bisa membantu kalian mendapatkan perkiraan cicilan KPR pada tiap bulanan demi rumah idaman kalian. Caranya mudah. Kredit Pemilikan Rumah atau KPR adalah cara memiliki rumah yang paling diminati masyarakat Indonesia. Lebih dari 80% jual beli properti dilakukan dengan metode ini. Satu hal yang perlu disadari ialah pembelian rumah dengan cara KPR melibatkan bunga. Karena itu, melalui penghitungan Kalkulator KPR, kalian akan mengetahui berapa total harga rumah yang harus kalian bayar tentu bisa lebih besar bila dibandingkan pembelian dengan cara tunai. 

Selain untuk memperkirakan penghitungan cicilan KPR bulanannya, Kalkulator KPR bisa juga membantu kalian mencari solusi yang tepat antara besaran bunga dengan masa waktu kredit rumah, supaya kredit rumah bulanan cocok dengan keinginan kalian. Idealnya, besaran total cicilan bulanan kalian tidak lebih besar dari 35% gaji per bulan kalian. Untuk menghitung nominal kredit rumah yang ideal disesuaikan pula dengan penghasilan bulanan, kalian bisa menghitungnya lewat Kalkulator Keterjangkauan.

1. Cara memakai Kalkulator KPR ini mudah. Kalian hanya perlu mengisi 3 indikator:
  • Total keseluruhan pinjaman. Kalian dapat menghitungnya dari nilai harga rumah dikurangi DP yang telah dibayar. Contohnya  kalian membeli rumah dengan harga  Rp 260 juta dan kalian juga sudah membayar uang muka 15% yaitu  Rp 39 juta, jadi jumlah pinjaman yang perlu diisi adalah Rp 221 juta.
  • Jangka masa pinjaman. sekarang untuk maksimal waktu pinjaman di bank adalah 30 tahun.
  • Suku bunga. Sekarang suku bunga KPR dalam kisaran 7,5% sampai 12%.
2. Yang perlu kalian perhatikan pada bagian ringkasan adalah:
  • Total bunga pinjaman. Jumlah keseluruhan bunga yang telah diakumulasikan selama masa waktu cicilan.
  • Pinjaman tiap bulan. Ini merupakan total cicilan yang harus kalian bayar setiap bulannya.
  • Nominal pokok pinjaman awal.
  • Nominal bunga pinjaman awal.
  • Jumlah keseluruhan pinjaman. Total jumlah pinjaman ditambah dengan bunga yang telah diakumulasikan selama masa waktu kredit rumah. 
Hal lain yang harus  diperhatikan dalam simulasi Kalkulator KPR adalah bank itu biasanya menawarkan bunga fix dalam beberapa tahun awal. jadi bunga selama periode tersebut tetap, tidak berubah sama sekali. Selanjutnya, kalian akan memasuki periode bunga floating. Bunga KPR floating adalah jumlah bunga berubah sesuai perkembangan ekonomi nasional. Bisa turun bisa naik. 

Kalkulator KPR rumah ini merupakan simulasi kredit perumahan, bukan sebagai acuan mutlak harga serta cicilan sebenarnya. Harga serta cicilan sebenarnya bisa ditetapkan oleh penjual dan dari pihak bank pemberi pinjaman KPR. Setelah mengetahui rincian hitungan kredit rumah dengan cara Kalkulator KPR, langkah tepat yang selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memahami prosedur serta cara mengajukan KPR dengan memahami Panduan Mengajukan KPR.

3.Simulasi KPR
Contohnya nilai KPR yang ingin diajukan Rp150 juta dengan bunga efektifnya 12% per tahun. Jika kalian mengambil KPR berjangka waktu 5 tahun, kalian perlu mencicil pinjaman pokok serta ditambah bunga sebesar Rp 3.336.667 tiap bulan.

Berdasar dari hitungan Kalkulator KPR rumah, ini berarti keseluruhan uang yang harus kalian setor ke bank yaitu sebesar Rp3.336.667 x 60 bulan = Rp 200.200.020. jika jangka masa kredit diperpanjang menjadi 10 tahun, jadi cicilan per bulan cuma sekitar Rp 2.152.064.

Dengan kita mengetahui simulasi KPR serta perhitungan KPR rumah yang benar, kalian  dapat mengambil keputusan tepat dalam menentukan jangka waktu pembayaran kredit rumah tersebut. Bisa lebih baik apabila kalian bersedia lebih hemat selama jangka waktu tertentu demi mendapatkan hitungan matematis yang lebih ringan dalam memilih produk serta skema kredit rumah.

Ada sedikit hal lain yang perlu diingat. Di awal transaksi, selain dalam menyiapkan pembayaran atas DP, kalian juga perlu memperhitungkan biaya-biaya lain, seperti cicilan KPR rumah pada saat bulan pertama, asuransi,  biaya notaris, pajak, kredit, provisi, sampai bea balik nama yang tentunya ini jumlahnya tidak sedikit.

4. Perhitungan KPR
Perhitungan kalkulator KPR rumah didasarkan pada nominal uang muka dan masa waktu KPR. Bila kalian ingin mendapat plafon kredit tinggi dengan kredit rumah yang ringan, bayarlah DP dengan nilai besar. Jadi artinya dengan masa waktu tetap, semakin besar DP makin kecil pula kredit rumahnya.

Sebaiknya juga jika tidak mampu membayar DP dengan jumlah besar, agar kredit rumah tetap ringan, pilihlah KPR dengan masa waktu panjang. Tetapi harus diingat, semakin panjang masa waktu cicilan, semakin banyak pula uang yang perlu kalian bayarkan. Semakin matang dan tepat perhitungan KPR rumah kalian, semakin ringan usaha kalian untuk memiliki rumah. Supaya semakin paham prosedur pembelian kredit rumah, membaca tips serta trik di Panduan Rumah.com sangat bermanfaat untuk kalian.

Itulah tadi Simulasi Kalkulator KPR rumah di Rumah.com, semoga bisa memberikan pencerahan dan pemahaman kepada kalian semua, sehingga tidak akan bingung ketika akan mempraktekannya.

0 komentar:

Posting Komentar