Tips Terbaik Desain Banner Agar Terlihat Menarik

Tips Terbaik Desain Banner Agar Terlihat Menarik

Cetak banner bukanlah perkara yang sulit. Anda bisa langsung menyerahkan desain banner yang Anda inginkan di jasa desain banner yang memiliki kualitas baik. Saat ini, sangatlah mudah untuk menemukan tempat percetakan banner. 

Justru yang menjadi masalah adalah cara membuat desain banner yang menarik sehingga banyak orang yang tergoda untuk mengikuti apa yang tertulis dalam banner tersebut. Dibutuhkan kreativitas dalam merangkai kata serta mendesain tampilan banner. Nah, buat Anda yang saat ini sedang mendapat tugas untuk mendesain sebuah banner, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Tentukan Jenis dan Ukuran Banner yang Digunakan

Perlu diketahui, ada dua jenis banner yang ada saat ini, yaitu banner vertikal (y banner) dan banner horisontal (x banner). Pada umumnya, orang lebih nyaman menggunakan jenis y banner. Setelah Anda menentukan jenis banner yang diinginkan, kemudian tentukan ukuran banner. 

Ukuran ini biasanya disesuaikan dengan kontain iklan atau budget yang disediakan. Semakin banyak kontain yang akan dituliskan, semakin besar ukuran yang digunakan. Begitu juga dengan budget yang besar dapat memilih ukuran besar. 

Namun begitu, Anda juga wajib memperhatikan fungsional dari banner itu sendiri. Jika banner hanya digunakan di tempat yang tidak begitu luas, sebaiknya digunakan ukuran sedang agar tidak menyulitkan bagi pembaca untuk membacanya.

Posisikan Logo di Tempat Paling Atas
Logo adalah gambar atau desain tulisan yang paling menonjol dari yang lain. Letakkan logo ini pada posisi paling atas yang sejajar dengan mata agar terlihat langsung oleh pembacanya. Logo mempunyai peran penting dalam menarik orang untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, buatlah logo semenarik mungkin sehingga mampu membuat orang lewat minimal melirik untuk melihat dengan jelas.

Jangan Gunakan Tulisan yang Banyak
Sebuah banner digunakan untuk menarik orang walaupun hanya sekilas. Oleh sebab itu, buatlah tulisan dalam banner yang simple, sehingga orang mampu menangkap isi banner meskipun dalam waktu relatif sebentar. Gunakan kata yang singkat namun mengena. Selain itu, banner dengan tulisan yang banyak justru akan membuat orang malas untuk membacanya lebih detail.

Gunakan Kata yang Mampu Membuat Orang Tertarik
Saat membuat kontain banner, pemilihan kata yang tepat sangatlah diperlukan. Meskipun hanya terdiri kurang dari lima kata, namun mampu membuat orang yang sudah berlalu menoleh untuk membacanya, itulah yang menarik. 

Memang, dibutuhkan kejelian dan kepekaan dalam pemilihan kata ini. Kata-kata yang mengundang rasa penasaran dianggap paling ampuh untuk menarik minat pembaca. Tidak hanya itu, buatlah ukuran font yang relatif besar sehingga orang dapat membacanya dengan jelas meskipun dalam jarak jauh.

Gunakan Gambar dengan Kualitas Tinggi
Selain kata-kata, kontain banner lain yang juga dapat membuat orang tertarik adalah gambar yang terpajang. Gambar yang menarik dan tentu saja dengan kualitas tinggi, akan membuat orang lebih mudah untuk menangkap isi banner. Ingat, kemampuan otak menangkap informasi dalam bentuk gambar lebih cepat daripada bentuk tulisan. Oleh karena itu, pastikan gambar yang Anda pajang benar-benar gambar pilihan dan tampak jelas.

Gunakan Warna yang Tepat
Warna juga bisa menjadi penentu tanggapan orang terhadap banner Anda. Di tempat keramaian pasti dibutuhkan warna yang mencolok sehingga orang akan tertarik untuk melihatnya. Namun begitu, tetap sesuaikan dengan warna identitas perusahaan. Warna yang harmonis membuat orang lebih lama untuk membacanya. Sebaliknya, walaupun warna cukup mencolok, akan segera ditinggalkan jika keharmonisan warna saling bertabrakan.

Pilihlah Bahan yang Berkualitas
Pastinya Anda menginginkan banner Anda dapat bertahan lama dan tidak mudah diterpa angin, bukan? Maka dari itu, pilihlah bahan yang berkualitas tinggi sesuai dengan penempatannya. Untuk banner outdoor pastinya dibutuhkan bahan dengan kualitas lebih kuat agar tulisan tidak mudah pudar walaupun terkena sinar matahari langsung dan tidak mudah jatuh saat terkena terpaan angin.

Sertakan Detail Kontak
Ini merupakan bagian penting sebagai wujud komunikasi lanjutan dari fungsi banner. Meskipun begitu, Anda tidak perlu menuliskan kontak dengan ukuran font besar. Meskipun dengan ukuran kecil dan diletakkan di akhir banner tetap akan dibaca oleh konsumen jika kata sebelumnya sudah menarik.

0 komentar:

Posting Komentar