Langkah yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Mobil Baru Maupun Bekas

Langkah yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Mobil Baru Maupun Bekas

Cara membeli mobil baru secara kredit merupakan pilihan kedua setelah membeli mobil secara kontan atau cash. Namun banyak orang yang kesusahan membeli mobil secara cash, karena harga mobil sejatinya sangat mahal. Seperti yang kita ketahui bersama, harga mobil termurah di Indonesia adalah mencapai 80 Jutaan dan yang termahal mencapai miliaran rupiah.

Yah, inilah yang membuat sebagian besar masyarakat Indonesia membeli mobil baru dengan cara kredit, karena hanya dengan uang 20 Jutaan sampai 30 Jutaan kita sudah bisa membeli mobil baru sesuai keinginan.

Tak hanya mobil baru, kita juga bisa membeli mobil bekas yang otomatis di banderol lebih murah. Namun di butuhkan ketelitian dan kesabaran tinggi ketika membeli mobil bekas, karena tak semua mobil memiliki kondisi yang sempurna.

Tentunya lebih baik membeli mobil baru, kita akan mendapatkan layanan purna jual lebih baik, dan teknologi terkini yang tak dimiliki mobil bekas. Nah, bagi Anda yang tertarik membeli mobil, silahkan Anda simak terlebih dahulu tips dan cara membeli mobil baru dan bekas yang kami rangkum dibawah ini.

Tips Membeli Mobil Baru Ataupun Bekas

Carilah Informasi Produk Sebelum Membelinya
Cara Membeli Mobil yang pertama adalah, Anda harus terlebih dahulu mengerti spesifikasi mobil yang Anda beli. Walaupun ada salesman yang menjelaskan spesifikasi dan fitur mobil ketika kita datang ke dialer.

Namun biasanya pengetahuan salesman masih dangkal dan belum mengetahui spesifikasi lengkap mengenai mesin, suspensi, dan fitur pada sektor eksterior dan interior. Jadi lebih baik Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya terhadap tipe mobil yang ingin Anda beli, sehingga tak akan ada penyesalan ketika sudah membelinya.

Tentukan Anggaran (uang/biaya)
Dengan uang yang kita kita miliki, kita bisa membeli mobil sesuai impian. Namun bagi yang memiliki budget terbatas, lebih baik Anda membeli mobil LCGC yang di banderol dibawah 150 Juta Rupiah. Terlebih sudah banyak mobil LCGC yang dilengkapi fitur sangat lengkap, dan dibekali mesin bertenaga. Namun semuanya kembali lagi ke anggaran Anda dalam membeli sebuah mobil. Semakin banyak uang yang Anda miliki, tentu Anda bisa memboyong mobil berkualitas tinggi. Nah yang terpenting jangan melebihi anggaran membeli mobil, karena masih banyak keperluan lain setelah membeli mobil.

Pertimbangkan Biaya Angsuran Kredit
Apabila uang tak mencukupi untuk membeli secara kontan, maka Anda bisa mempertimbangkan membeli secara kredit. Seperti yang kami sampaikan diatas, Anda harus mempertimbangkan biaya kredit setiap bulannya. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang, sehingga Anda akan mengalami kesusahan ketika menyicil setiap bulannya.

Biasanya pihak dealer menyediakan beberapa opsi finance yang menawarkan biaya kredit berbeda-beda. Nah lebih baik Anda mencari yang termurah dan jangan lupa memiliki finance yang memiliki reputasi baik. Tentunya Anda tak mau dikejar-kejar debt collector karena telat bayar cicilan.

Pertimbangkan Harga Jual Kembali
Jangan sampai menyesal apabila harga jual kembali mobil yang kita beli turun drastis. Oleh karena itulah, Anda wajib mempertimbangkan merek dan tipe mobil yang Anda beli. Pasalnya, masyarakat Indonesia lebih mempercayai kualitas mobil asal Jepang, sehingga harga jual kembali mobil asal Korea, Eropa, dll bisa turun drastis.

Sebenarnya kualitas setiap tipe mobil sama baiknya, karena telah melewati berbagai macam proses untuk memenuhi kualitas standar pabrik. Akan tetapi pola masyarakat Indonesia sangat sulit diubah, sehingga lebih baik membeli mobil asal Jepang yang sudah dipercayai kualitasnya oleh masyarakat Indonesia.

Mengajak Teman Yang Mengerti Mobil
Tips membeli mobil ini sangat penting bagi Anda yang ingin mencari mobil bekas. Lebih baik Anda mengajak teman yang mengerti akan mesin mobil, sehingga bisa melakukan pengecekan terhadap kesehatan mesin atau pun fitur-fitur yang terpasang didalamnya, karena tak semua mobil besar memiliki kondisi prima.

0 komentar:

Posting Komentar