Sarapan Sehat dengan Kacang Hijau

Sarapan Sehat dengan Kacang Hijau

Pernahkah Anda menyadari bahwa sarapan sangat diperlukan tubuh sebelum melakukan suatu aktivitas seharian. Terdapat banyak sekali pilihan menu untuk Anda santap sebagai sarapan pagi. Salah satu menu sarapan sehat adalah olahan makanan dari kacang hijau.

Hampir semua orang tahu dengan kacang hijau yang kaya akan serat dan tentunya rendah kalori sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Kandungan karbohidrat, nutrisi, vitamin, serta protein yang terkandung di dalam kacang hijau sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda supaya tetap sehat.

Manfaat yang Dimiliki Kacang Hijau

1. Mengobati Kurang Darah atau Anemia
Seperti halnya jenis kacang yang lain, kandungan zat besi yang terkandung dalam kacang hijau sangat bermanfaat bagi penderita kurang darah karena kandungan zat besi yang ada di dalam kacang hijau sangat tinggi.

2. Menurunkan Berat Badan
Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah sangat baik bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, karena tingginya kandungan serat serta rendahnya lemak yang terdapat dalam kacang hijau. Akan tetapi jangan lupa untuk tetap diimbangi dengan olahraga yang teratur supaya tubuh tetap sehat.

3. Untuk Ibu Hamil dan Janin
Kandungan protein yang terdapat dalam kacang hijau sangat berguna untuk perkembangan sel. Bagi wanita yang rajin sarapan dengan kacang hijau selama masa hamil umumnya akan melahirkan bayi dengan rambut yang lebat.

4. Sebagai Makanan Pendamping Asi
Salah satu sarapan sehat yang direkomendasikan sebagai pendamping ASI adalah kacang hijau. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B kompleks yang ada di dalamnya dapat membuat perkembangan bayi semakin optimal.

5. Mengurangi Kolesterol
Bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi, salah satu cara mudah untuk menguranginya adalah dengan mengkonsumsi kacang hijau sebagai menu sarapan secara teratur.

6. Mengurangi Risiko Kanker Payudara
Di dalam kacang hijau terdapat kandungan zat yang sangat bermanfaat untuk memerangi virus. Zat ini dapat memperlambat terjadinya perkembangan sel kanker tertentu salah satunya seperti sel kanker payudara. Selain itu dapat pula mencegah terjadinya sel tumor.

7. Diabetes
Kandungan gikemik yang rendah dalam kacang hijau sangat baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena menu sarapan yang memiliki indeks glikemik rendah dapat menyebabkan kadar gula berlebih menjadi normal.

0 komentar:

Posting Komentar