Tips Terbaik Merawat Motor Sport Kesayangan

Tips Terbaik Merawat Motor Sport Kesayangan

Saat ini motor bukan hanya sebatas alat transportasi sehari-hari. Banyak orang khususnya kaum lelaki memilih motor sport terbaik keluaran terbaru yang saat ini sudah mudah didapat. Bagi beberapa orang motor, terlebih lagi motor sport atau motor gede, menjadi gaya hidup. Ukurannya yang besar dan desain yang gagah membuat motor sport sangat digemari oleh para lelaki. Bisa dibilang, motor sport memiliki perawatan khusus jika dibandingkan dengan jenis motor lainnya.

Tentunya kamu tidak ingin motor kesayangannya tersebut cepat rusak atau mengalami hal-hal yang tidak di inginkan, nah untuk mencegah kerusakan kamu dapat lakukan langkah-langkah yang akan kami sampaikan. Berikut tips perawatan motor sport agar awet.

Hidupkan Mesin Motor Setiap Hari
Tips dan cara merawat motor sport yang pertama dengan cara menghidupkan mesin motor setiap hari, langkah tersebut dapat kamu otomotif lakukan dipagi hari ketika kamu belum berangkat berkativitas sehari-hari. Hal tersebut memiliki manfaat yang sangat besar untuk mesin motor kesayanggnya, karena oli akan melumasi seluruh bagian mesin. 

Meskipun motor kesayangan tidak dipakai, tetap kamu selalu menghidupkan mesin secara rutin tiap hari dan setiap hariny dipansakan selam 10 menit sampai 20 menit, meskipun terlihat spela namunlangkah tersebut sangat bermanfaat sekali dan mencegah terjadinya kerusakan.

Gunakan Bahan Bakar Berkualitas
Untuk tips yang selanjutnya yakni gunakan bahan bakar dengan kualitas yang baik, tips dan cara merawat motor sport yang kedua ini memang perlu dilakukan. Dimana pemakain bahan bakar berkualitas baik akan menjadikan motor sport kesayang kamu semakin bertenaga selain itu juga mesin motor akan semakin tahan lama, dikarenakan bahan bakarnya berkualitas. Paling tidak kamu menggunakan bahan bakar berjenis pertamax.

Cek Sistem Kelitrikan
Nah untuk tips dan cara merawat motor sport yang satu ini memang harus kamu perhatikan sekali, seperti yang sudah kamu otomotif ketahui semua bila motor sport sekarang hanya menggunakan sistem starter electrik saja. Sehingga kamu wajib mengontrol sistem kelitrikannya, baik itu pada aki maupun juga kiproknya, karena kedua bagian tersebut memiliki peran sangat penting bagi performa mesin maupun juga pada sistem penerangannya.

Cek Kondisi Rantai dan Gear Motor
Tips dan cara merawat motor sport selanjutnya yang dapat kamu lakukan ialah cek kondisi rantai dan gear motor kesayangan kamu, karena pada bagian tersebut juga memiliki peran sangat penting disetiap motor. Apabila kedua bagian tersebut sudah tidak layak pakai akan berakibatkan cukup fatal, terlebih bagi kamu yang menyukai dengan kecepatan.

Sevis Secara Rutin
Untuk langkah yang satu ini memang sudah menjadi kewajiban, karena servis secara rutin motor sport kesayangan kamu akan tetap oke, apabila sedang diservis  kamu perlu perhatikan. Apakah ada bagian-bagaian yang harus diganti atau tidak, namun hal yang selalu kamu ganti pada oli mesinnya. 

Karena dengan mengganti oli mesin, performa yang dimiliki akan tetap oke, mesin juga tidak cepat panas dan yang pastinya performanya akan lebih maxsimal dan pastinya motor akan lebih awet. Namun untuk langkah yang satu ini kamu harus kebengkel resmi atau bengkel langganan kamu masing-masing.

Periksa Oli dan Kampas Rem
Untuk tips dan cara merawat motor sport yang satu ini memang perlu diperhatikan sekali, karena pada bagian yang satu ini memiliki peran sangat penting sekali. Rem juga harus kamu perhatikan apakah kampas rem masih tebal atau sudah menipis, apabila kampas rem sampai tipis akan merusak cakramnya. 

Lalu untuk oli remnya juga harus kamu perhatikan apakah masih banyak apa tinggal sedikit, hal ini memang terlihat kecil namun akan berkaibat fatal bila tidak di cek secara rutin. Namun kebanyakan orang-orang melupakan bagian yang satu ini, bahkan adapula yang sampai kehabisan kampas dan oli remnya.

0 komentar:

Posting Komentar