Selalu Waspada Berkendara Agar Selamat Sampai Tujuan

Berkendara

Sebagian besar orang terutama bagi orang-orang yang bekerja akan memilih untuk menuju tempat kerjanya dengan menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan dengan angkutan umum. Apalagi jika menggunakan mobil pribadi yang sudah dilengkapi dengan perlindungan asuransi kendaraan terbaik MSIG, Anda tidak hanya akan merasa nyaman tetapi juga tenang dalam perjalanan.

Namun, tingkat kemacetan jalanan yang semakin bertambah disertai dengan kesibukan aktivitas keseharian membuat banyak orang lebih peduli dengan cepat sampai dibandingkan dengan kenyamanan. Itulah sebabnya, saat ini semakin banyak yang lebih memilih motor sebagai alat transportasi dibandingkan dengan mobil. Sebab motor dinilai lebih praktis dan ukurannya yang kecil membuatnya bisa menerjang kemacetan lebih cepat daripada mobil.

Banyak Kemudahan Dan Manfaat Menggunakan Sepeda Motor

Beberapa negara lain di dunia lebih mendukung warganya untuk menggunakan transportasi umum sebagai alat transportasi utamanya saat bepergian. Contoh saja Jepang dan Korea Selatan. Namun di Indonesia, masyarakatnya jauh lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti motor saat akan bepergian. Ada beberapa alasan yang membuat mereka mengambil keputusan tersebut, di antaranya:

  • Transportasi umum dirasa kurang nyaman
  • Lokasi yang dituju tidak terjangkau oleh transportasi umum
  • Rutenya akan berputar-putar dan harus transit beberapa kali untuk sampai ke lokasi yang dituju dengan transportasi umum
  • Keamanan transportasi umum tidak terjamin dari tindak kriminalitas

Pertanyaan selanjutnya, kenapa harus motor?

Seperti yang telah dikatakan, motor mampu menembus macet lebih cepat dibandingkan dengan mobil. Sebab motor memiliki ukuran yang kecil sehingga bisa menembus jalanan sempit di tengah-tengah kemacetan. Belum lagi jika Anda tahu jalan alternatif yang biasanya berukuran cukup kecil. Jika Anda menggunakan mobil, jelas tidak mungkin melalui jalan tersebut karena ukuran kendaraan yang terlalu besar. Sementara jika Anda menggunakan motor, Anda bisa memilih jalan yang sempit sekalipun.

Risiko kecelakaan motor lebih tinggi dari mobil

Jika Anda menonton berita di televisi maupun membaca berita, baik di koran maupun media online, maka berita akan kasus kecelakaan sepeda motor ini kerap terjadi. Bahkan data dari Korlantas Polri telah menyatakan 75 persen kecelakaan yang ada di Indonesia adalah sepeda motor. Oleh sebab itu, sepeda motor masih menjadi penyumbang kecelakaan yang terbesar. 

Hal tersebut wajar, mengingat motor banyak alasan mengapa motor lebih berisiko mengalami kecelakaan.
  1. Motor hanya memiliki 2 roda pada sisi depan dan belakang sehingga saat berkendara Anda yang bertanggung jawab menjaga keseimbangan kendaraan tersebut. Sementara mobil memiliki 4 sisi roda yang pasti membuatnya selalu seimbang.
  2. Pada mobil, Anda berada di dalam kabin mobil yang artinya rangka mobil melindungi Anda. Sementara pada motor yang terjadi adalah kebalikannya.
Sayangnya, meskipun angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor terus meningkat, masih banyak saja orang yang tidak sadar dan mengendarai motornya secara asal-asalan. Seperti melanggar lampu merah atau melawan arus dengan alasan supaya cepat sampai, dan pelanggaran lainnya. Padahal dengan melakukan hal ini, Anda tidak hanya membahayakan diri sendiri tetapi juga pengguna jalan lainnya. Jadi, agar selamat saat berkendara pastikan untuk lebih waspada dan taati aturan lalu lintas yang berlaku.

0 komentar:

Posting Komentar