Perlu Kamu Tahu Manfaat Pinjaman tanpa Jaminan

Perlu Kamu Tahu Manfaat Pinjaman tanpa Jaminan

Sebelum pergi ke manfaat, kamu perlu tahu dulu apa sih pinjaman tanpa jaminan?. Pinjaman tanpa jaminan atau yang kita sebut dengan Kredit tanpa Agunan (KTA) salah satu pinjaman uang yang cocok untuk para pengusaha maupun pebisnis.

Kamu juga harus tahu kapan mendapatkan modal usaha tambahan untuk usahamu. Risiko juga pasti ada. Jadi harus siap-siap ditanggung yah. Pinjaman tanpa jaminan KTA adalah salah satu produk pinjaman tanpa perlu menyiapkan aset sebagai jaminan. Sesuai judulnya di atas. 

Dalam hal ini, pemberi pinjaman tanpa jaminan (KTA) yang akan memberikan modal uang berdasarkan riwayat pinjaman atau kredit yang pernah kamu lakukan. Misalnya, melihat riwayat kredit motor, mobil KPR, maupun kartu kredit lainnya (yang dimiliki). 

Alternatif pinjaman tanpa jaminan (KTA) ini pasti menarik bagi mata para wirausahawan baik muda, pemula, maupun yang sudah tua.  

Manfaat Pinjaman tanpa Jaminan KTA

Kamu pasti tertarik untuk melakukan Kredit tanpa Agunan (KTA) ini. Kamu juga harus tahu manfaat yang bisa dirasakan dengan pinjaman tanpa jaminan ini. Diantaranya:

1. Persyaratannya Mudah

Untuk kamu yang mengajukan pinjaman tanpa jaminan ini (KTA) bisa dilakukan secara mudah. Dimana kamu tidak perlu mempersiapkan aset untuk dijadikan jaminan pastinya. Hal ini sangat bagus dilakukan jika kamu tidak mempunyai rumah atau kendaraan. 

Dalam mengajukan pinjaman tanpa jaminan ini, selain menyiapkan dokumen kredit yang pernah kamu punya juga harus menunjukkan fotokopi buku tabungan, KTP, KK, slip gaji, dan NPWP. Jadi cukup gampang kan untuk dilakukan?. Apakah kamu sudah menyiapkan dokumennya?. 

2. Pencairan Dana Lebih Cepat

Jika dibandingkan dengan produk pinjaman tanpa jaminan lainnya, maka pencarian di KTA ini lebih cepat. Proses pencairannya bisa didapatkan dalam waktu satu hari sampai tujuh hari. Kamu bisa langsung menggunakan uangnya secara cepat dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Alasan proses pencairan dana pinjaman tanpa jaminan ini adalah karena tidak ada proses penaksiran agunan atau jaminan. Tetapi, perlu diingat bahwa ada proses yang perlu dilalui sebelum menerima uang dari pinjaman tanpa jaminan ini (KTA). Terdapat verifikasi dokumen terhadap apa yang diserahkan.

3. Bisa Menggunakan Dananya untuk Hal Darurat

Kamu bisa menggunakan pinjaman tanpa jaminan ini sebagai dana darurat. Dengan proses pencairan yang cepat, kamu bisa terbantu untuk segera mengaksesnya. Semisal ada keluarga yang dirawat di rumah sakit dan patinya membutuhkan dana untuk operasi. Sehingga ini bisa dilakukan. 

Kamu bisa mendapatkan dana pinjaman tanpa jaminan ini (KTA) di bank yang dituju. Hampir semua bank baik swasta maupun negeri menyediakan jasa ini. Jadi jangan perlu khawatir untuk mengaksesnya maupun mencarinya. Pinjaman ini didapat melalui promosi. 

4. Untuk Modal Usaha Kamu

Karena nasabah atau kamu tidak menggunakan jaminan, maka banyak pengusaha yang menggunakan pinjaman tanpa jaminan ini untuk modal usahanya, baik UMKM, mikro kecil, sampai pengusaha besar sekalipun. 

Renovasi rumah bisa dilakukan dengan meminjam uang ini. Tetapi ingat, ada besaran yang harus kamu perhatikan agar kamu bisa mencicil tepat waktu. Tetapi akan lebih bijak jika uang tersebut digunakan untuk kebutuhan yang penting saja. 

5. Untuk Pembiayaan Hal-hal Urgent

Kalau disuruh pilih melakukan pinjaman untuk berlibur atau sekolah (pendidikan) lebih baik untuk pendidikan. Alasannya karena pendidikan lebih perlu daripada berlibur saja. Karena berlibur bisa dicari waktu sedangkan kalau biaya untuk pendidikan tidak bisa dinego dalam hal pembayaran.

Kemudian, ini juga bisa menjadi urgent. Kepentingan pernikahan juga perlu jika kamu ingin sekali cepat menikah atau ada teman, kerabatmu yang mau menikah. Jika terdesak, kenapa tidak mencoba. Siapa tahu dengan pinjaman tanpa jaminan ini cocok. 

Risiko Menggunakan KTA

Berikut ini adalah risiko yang perlu kamu ketahui terkait dengan pinjaman tanpa jaminan, diantaranya:

1. Bunga Pinjamannya Cukup Tinggi

Produk pinjaman tanpa jaminan termasuk KTA juga memiliki risiko yang harus diwaspadai. Ternyata bunga pinjamannya terbilang tinggi. Hal tersebut dilakukan pemberi jasa dana agar bisa meminimalisir kerugian akibat memberikan KTA. 

Hal tersebut masuk akal karena pihak pemberi jasa juga tidak memberikan jaminan, yang biasanya jaminan untuk jaga-jaga kalau yang meminjam uang tidak kembali. Jadi lebih ke meminimalisir adanya kerugian akibat pinjaman tanpa jaminan ini (KTA). 

2. Adanya Tenor atau Masa Pinjam yang Lebih Pendek

Kekurangan termasuk risikonya adalah masa pinjamnya yang lebih pendek. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kredit macet atau gagal bayar. Masa pinjam yang sedikit juga mengharuskan kamu untuk membayar cicilan yang lebih besar. Masanya maksimal 5 tahun.

Jumlah pinjaman dalam KTA ini juga rendah, dimana diberikan limit atau batasan maksimal 200 juta rupiah. Jika kamu membutuhkan dana lebih, lebih baik cari pinjaman tanpa jaminan selain KTA saja. Jadi KTA ini lebih fokus pada produk perbankan yang memberi fasilitas tersebut. 

Sebelum kamu memutuskan untuk memilih pinjaman tanpa jaminan ini, maka pastikan berapa besaran kredit yang akan kamu butuhkan. Hitung secara cermat berapa cicilan per bulannya dan dihitung dengan budgetmu per bulan apakah bisa?.

Kamu tidak harus melakukan pendaftaran secara offline, karena pembayaran untuk KTA bisa dilakukan secara online. Ada hal yang perlu diingat bahwa memilih pembayaran ini sama dengan harus siap konsekuensi yang dipunya dan kemungkinan didapat.

Untuk info tentang pinjaman tanpa jaminan bisa kamu lihat di https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan. Siapa tahu bermanfaat. Pastinya dalam memilih pinjaman tanpa jaminan disesuaikan dengan kemampuan kamu untuk membayar (melunasi).

0 komentar:

Posting Komentar