Rahasia Ayam Tetap Lezat & Aman Dikonsumsi Meski Disimpan di Kulkas

Rahasia Ayam Tetap Lezat & Aman Dikonsumsi Meski Disimpan di Kulkas

Supaya daging ayam yang Ibu mau olah tetap lezat dan aman dikonsumsi mesti disimpan di kulkas berhari-hari, bahkan beberapa minggu, tentu cara menyimpan daging di kulkas harus diperhatikan. Yuk, simak selengkapnya.

1. Pisahkan Sesuai Porsi Sekali Masak

Cara menyimpan daging di kulkas pertama yang perlu Ibu lakukan adalah memisahkan ayam sesuai porsi sekali masak. Misalnya, kalau Ibu sekali masak untuk tiga porsi, pisahkan 3-4 potong daging ayam dalam satu wadah. Jadi, saat akan memasak, Ibu nggak perlu mengeluarkan seluruh stok daging ayam untuk diambil sesuai kebutuhan. Selain memudahkan Ibu saat mengambil ayamnya nanti, cara ini juga menghindari perubahan suhu yang signifikan pada daging ayam.

2. Simpan Dalam Wadah Kedap Udara

Tips selanjutnya, Ibu bisa menyimpan ayam di dalam wadah kedap udara. Ibu bisa pakai kantong plastik khusus makanan maupun stoples. Kenapa harus disimpan di dalam wadah kedap udara? Cara menyimpan daging di kulkas ini dilakukan supaya daging ayam nggak terkontaminasi bakteri atau kuman. Jadi, daging ayam di kulkas Ibu pun lebih terjaga kebersihan dan kesegarannya.

3. Lakukan Proses Thawing

Apakah Ibu familier dengan istilah thawing? Simpelnya, thawing adalah proses menurunkan suhu makanan beku secara bertahap. Ini dilakukan supaya makanan beku yang dicairkan tetap aman dikonsumsi dan rasanya terjaga. Nah, proses thawing ini perlu dilakukan apabila stok daging ayam Ibu disimpan di freezer.

Ada beberapa cara thawing yang bisa Ibu lakukan. Pertama, keluarkan daging ayam dari freezer dan simpan di chiller (rak kulkas yang ada di bawah freezer). Proses thawing ini waktunya cukup panjang. Jadi, kalau mau diolah besok, Ibu bisa turunkan ayam dari freezer sejak malam harinya.

Cara kedua, kalau kulkas Ibu nggak dilengkapi chiller, rendam ayam dalam air dengan suhu ruangan. Proses thawing dengan cara ini bisa berlangsung lebih cepat. Triknya, ganti air setiap 20-30 menit sekali agar ayam lebih cepat mencair. Supaya terjaga kebersihannya, pastikan ayam tetap disimpan dalam wadah atau plastik kedap udara saat direndam ya, Bu.

4. Perhatikan Durasi Penyimpanan

Cara menyimpan daging ayam di kulkas terakhir adalah memperhatikan durasi penyimpanan. Umumnya, daging ayam bisa disimpan di dalam freezer hingga empat bulan. Saat proses thawing, Ibu bisa menyimpan ayam di chiller hingga dua hari. Jadi, kalau Ibu menurunkan ayam dari freezer hari ini, dagingnya masih aman diolah hingga lusa.

Gimana Bu, triknya gampang dilakukan, kan? Yuk, pastikan Ibu menyimpan daging ayam dengan benar supaya tahan lama dan aman dikonsumsi.

Untuk memperoleh daging ayam, caranya sangat mudah, Anda bisa pesan buah daging ayam secara Online di tanihub.com dengan bantuan smartphone dan internet. Selain daging ayam ada juga aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak dan sembako di TaniHub. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai. Saat ini TaniHub sudah dapat diakses di Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Bali dan akan terus melebarkan layanannya tiap tahunnya

0 komentar:

Posting Komentar